Abstrak PTK

Artikel Penelitian :
Peningkatan Kemampuan Menghitung Pecahan Melalui Media Kartu Domino Pecahan Siswa Kelas VI SD Negeri II Bakalan Kecamatan Purwantoro
Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/ 2011”

ABSTRAK
Oleh : Siti Istiqomah, A.Ma
Siti Istiqomah A.Ma. Peningkatan Kemampuan Menghitung Pecahan Melalui Media Kartu Domino Pecahan Siswa Kelas VI SD Negeri II Bakalan Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2010/ 2011”. Penelitian Tindakan Kelas, Wonogiri, SD Negeri II Bakalan Kecamatan Purwantoro, Februari 2011.
              Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah Untuk Meningkatkan kemampuan menghitung pecahan siswa kelas VI SD Negeri II Bakalan.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri II Bakalan. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) tes untuk memperoleh data kemampuan menghitung siswa berdasarkan tahapan kemajuan belajarnya yang sesuai dengan kompetensi yang ditetapkan, (2) observasi dilalukan untuk mengoptimalkan kemampuan peneliti dari berbagai segi, dan (3) dokumentasi dipergunakan untuk mendapatkan data situasi darisubjek yang diteliti. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Media kartu domino pecahan dapat meningkatkan kemampuan menghitung pecahan,  terlihat dari hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada  pada tes awal sebesar 56,67; siklus I 71,85; dan pada siklus II naik menjadi 78,46. Untuk siswa tuntas belajar (nilai ketuntasan 60) pada tes awal 40,74% siswa tuntas, tes siklus I 74% siswa dan pada tes siklus II  93% siswa tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media kartu domino pecahan maka kemampuan menghitung pecahan siswa kelas VI SD Negeri II Bakalan meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan Menghitung, Media Kartu Domino Pecahan, Prestasi Belajar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]