Abstrak PTK

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika  dengan  Metode Drill Siswa Kelas VI  Semester II SD Negeri III Slogohimo Kecamatan Slogohimo Wonogiri
ABSTRAK
Oleh : Ery Mulat Yulia
(Guru SDN III Slogohimo Kab. Wonogiri)
Saat ini pelajaran Matematika merupakan masalah yang sangat ditakuti khususnya SDN III Slogohimo yang sebagian besar anaknya berpengetahuan kurang. Guru SDN III Slogohimo yang dituntut untuk menyelesaikan materi pelajaran harus selesai tepat waktu karena hal itu guru sering melupakan hasil anak yang diperoleh. Jadi untuk sekarang ini sebagai guru harus berhasil dalam menyelesaikan materi pelajaran dalam semester II juga dengan hasil yang diharapkan.
Dalam pembelajaran Matematika anak akan memahami konsep dengan baik bila anak sudah merasa tertarik dan berminat untuk belajar Matematika. Selain itu agar hasil belajar lebih bermakna dan memuaskan dalam hal ini menggunakan salah satu metode yang mengaktifkan siswa untuk berpikir lewat metode drill dan menemukan konsep sendiri maupun dibimbing guru. Mata Pelajaran Matematika mendukung keterampilan siswa dalam mengolah dan menganalisis data yang berbentuk angka. Mata Pelajaran Matematika ini banyak menyaratkan siswa kelas VI melakukan kegiatan berhitung atau menerapkan rumus-rumus dalam Matematika. Untuk memenuhi persyaratan tersebut, siswa dituntut banyak melakukan latihan secara berkelompok maupun mandiri. Metode drill merupakan suatu metode yang mengharuskan siswa melakukan latihan soal secara berulang-ulang agar terhindar dari kesalahan. Metode drill memegang peranan penting dalam pembelajaran statistik serta merupakan alat utama yang mendukung keberhasilan tujuan mata kuliah ini. Tugas Guru dalam metode ini adalah menjelaskan konsep-konsep dasar dan hubungan antar konsep tersebut dengan menarik, sehingga diperlukan media pembelajaran yang akan memudahkan siswa memahami konsep-konsep tersebut
Dari hasil belajar siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM 19 anak dibanding dengan  siklus I hanya 17 anak. Dengan demikian pembelajaran Matematika dengan penggunaan metode Drill lebih membawa siswa aktif secara intelektual dan anak diajak langsung  menemukan konsep melalui proses sehingga bukan ingatan semu saja tetapi lebih bersifat permanen karena dilihat dari pembelajaran dengan sebagian menggunakan metode drill pada siklus I 73,91 % dan penggunaan metode Drill dalam setiap pembelajaran Matematika siklus II 82,6 %. Dengan demikian penggunaan metode Drill lebih membuat siswa aktif dan hasil belajar Matematika lebih meningkat.

Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Metode Drill, Siswa Aktif

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tooopppppppppppppppp

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]