Contoh Case Study 3

Case Study dari Peserta KKG Gugus Muser Indah Kecamatan Kismantoro :
Oleh : Slamet Basuki (Guru SDN 3 Ngroto, Kecamatan Kismantoro)

KEGAGALAN MENGAJAR MATEMATIKA

Seperti kegiatan biasanya hari ini saya mengajar kelas V, pukul 7.30 WIB. saya masuk kelas. Hari ini adalah jadwalnya mata pelajaran Matematika, pelajaran yang sangat saya sukai. Untuk mengawali pelajaran saya mengucapkan salam ke anak-anak “Selamat pagi anak-anak?” anak-anak pun menjawab “selamat pagi pak guru!”. Setelah mengucapkan salam saya menyuruh anak-anak membuka PR yang telah saya berikan pada pertemuanAnak-anak tolong semua buka PR yang telah Pak Abas berikan kemarin!siapa yang belum mengerjakan PR?”. Anak-anak pun menjawab : “Semua sudah mengerjakan pak!”. Lanjutku : “Baik, PRnya kalian kumpulkan!”. Anak-anak pun langsung mengumpulkan PRnya. sebelumnya “

Setelah anak-anak mengumpulkan semua PR, saya lanjutkan pelajaran “anak-anak mari kita lanjutkan pelajarannya, bukalah buku Matematika pada bab V Tentang jarak dan kecepatan hal 63-66, Semua baca dan pahami materi tersebut. Kalau ada yang belum paham bisa ditanyakan pada pak guru, paham anak-anak?”. Anak-anak menjawab “Paham , Pak!”. Anak-anak langsung membaca materi pada buku, sementara saya mengoreksi PR anak-anak.
Setelah saya selesai mengoreksi PR anak-anak saya tanya kepada anak-anak “Apakah ada yang perlu ditanyakan? Apakah kalian sudah paham?”. Anak-anak pun menjawab : “Belum paham, pak!”. Saya pun langsung menjelaskan materi yang telah dibaca anak-anak dan memberikan rumus tentang kecepatan dan beberapa contoh pengerjaannya. “Begini anak-anak kecepatan itu merupakan satuan jarak dibagi satuan waktu, jadi misalkan kita menempuh suatu perjalanan kita pasti tahu jarak yang kita tempuh dan berapa lama waktu yang kita perlukan untuk sampai tempat tujuan. Dengan itu maka kita dapat menentukan kecepatan kita selama perjalalan dari tempat berangkat sampai ketempat tujuan, yaitu dengan cara kecepatan sama dengan jarak di bagi lama waktu perjalanan. Paham anak-anak?”. Anak-anak pun menjawab : “Paham, Pak!”. Lanjutku : “Anak-anak sekarang coba kalian perhatikan contoh berikut! Sebuah motor menempuh perjalanan dari kota A ke kota B dengan jarak 50 Km, dari kota A ke kota B diperlukan waktu untuk menempuhnya 2 jam. Berapakah kecepatan sepeda motor tersebut? Siapa yang bisa mengerjakan?”. Anak-anak pun terdiam tidak ada yang berani menjawab akhirnya saya lanjutkan.
Saya           : “Begini, apa yang sudah di ketahui anak-anak?”
Anak-anak :   “Jarak dan waktu, Pak!”
Saya           :   “Berapa jaraknya?”
Anak-anak :   “50 kilometer pak!”
Saya           :  “Ya, benar. Lalu apa lagi yang diketahui dan berapa?”
Anak-anak :   “Waktunya 2 jam pak!”
Saya           :  “Benar, lalu apa masih yang di ketahui yang lain?”
Anak-anak :  “Tidak ada pak!tapi ada yang ditanyakan pak!”
Saya           :   “Apa yang ditanyakan?”
Anak-anak :   “Kecepatan pak!”
Saya           :   “Ya benar, lalu setelah semua di ketahui maka kita masukkan ke dalam rumus
Kecepatan =
Jarak
Waktu

Kecepatan =
50 Km
2 Jam

 Kecepatan = 25 Km/jam

Jadi kecepatan kendaraan bermotor tersebut 25 Km/Jam, sudah paham anak-anak?
Anak-anak  : “Mengerti pak!”
            Akhirnya pelajaran saya lanjutkan dengan memberikan tugas latihan ke pada siswa “anak-anak kalau sudah paham silah kan mengerjakan tugas latihan halaman 67 no 1 sampai 5, saya beri waktu 15 menit harus sudah selesai!”. Anak-anak pun menjawab “Ya pak!”.
            Setelah 15 menit waktu berlalu saya menyuruh anak-anak untuk mengumpulkan tugasnya “Waktunya sudah habis semua harap dikumpulkan nanti pak abas bagi untuk dikoreksi lagi”. Semua pun mengumpulkan dan setelah dikumpulkan saya bagi lagi untuk dikoreksi. Dari hasil koreksi tersebut,  dari 5 soal tidak satupun anak yang bisa menjawab benar semua. Jawaban soal benar 4 ada 14 anak menjawab benar 3 soal ada 1 anak, yang benar 2 soal ada 3 anak, yang benar 1 soal ada 7 anak dan 3 anak tidak dapat menjawab sama sekali.
            Dalam renungan saya merasa gagal dalam pembelajaran kali ini, maka untuk memperbaikinya, saya memberikan pekerjaan rumah/PR dan meminta anak-anak untuk kecepatan. Karena waktu pelajaran telah habis dan waktunya istirahat maka saya akhiri pelajaranya “Anak-anak, tugas yang bapak berikan tadi dikerjakan dengan teliti dan kalian pelajari lagi materinya,  tugasnya dikumpulkan besuk pagi, dan sekarang kalian boleh istirahat dulu!”. memahami lagi materi tentang jarak dan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]