Abstrak PTK Kelas VI ...


ABSTRAK

Sudarno,S.Pd., 2010. Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Pemanfaatan Lantai Keramik sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas VI SDN 1 Ploso Semester II  Tahun 2010/2011.
Tujuan Penelitian Tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah dengan memanfaatkan lantai keramik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI SDN 1 Ploso pada Semester II tahun 2010/2011.Dipilihnya lantai ruang kelas dimaksudkan untuk menghadirkan pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan bagi siswa. Dengan pembelajaran yang konstektual diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran sehingga mudah pula mencapai ketuntasan belajar.
Setting penelitian ini adalah di SDN 1 Ploso, dan Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Ploso tahun 2010/2011 sebanyak 24 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Dipilihnya Subyek penelitian dan setting penelitian ini karena peneliti adalah guru di SDN 1 Ploso, dan mengampu kelas VI sehingga memudahkan dalam pelaksanaanya.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yaitu metode bersiklus dan berulang yang terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan (planing),pelaksanaan(actuating) , pengamatan (observing), dan refleksi (reflekting) yang diawali dengan refleksi terhadap kekurangan pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil refleksi kemudian dijadikan dasar untuk merencanakan tindakan perbaikan pembelajaran selanjutnya. Rencana yang sudah tersusun selanjutnya dilaksanakan dengan diamati oleh teman sejawat sealki observer. Data temuan hasil observasi  itu kemudian didiskusikan dengan observer yang merupakan teman sejawat peneliti yang kemudian dilakukan penyempurnaan untuk merencanakan perbaikan pembelajaran berikutnya.  Refleksi dan analisa akan dihentikan bila tujuan penelitian telah tercapai yaitu seluruh siswa dapat mencapai ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini berupa kesimpulan bahwa dengan memanfaatkan lantai keramik dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa  kelas VI SDN 1 Ploso Semester II tahun 2010/2011. Terbukti dari hasil pembelajaran yang semula pada pra siklus tentang keaktifan siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan guru yang menggambarkan koordinat di papan tulis, pada siklus I sudah banyak anak anak yang terlibat dalam pembelajaran. Sedangkan pada siklus II semua siswa terlibat dalam proses pembelajaran. Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari pra siklus rata-rata nilai hanya 56,66 pada siklus I menjadi 69,58 dan pada siklus II meningkat menjadi 76,25. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan yaitu pada pra siklus 20 %, pada siklus I meningkat menjadi 66% dan siklus II meningkat menjadi 87,5%.

Kata Kunci : Keaktifan belajar , Hasil belajar, Lantai Keramik, Media Pembelajaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]