Implementasi Program Study Visit...

PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI STUDY VISIT

oleh :  Toyik Haryanto
Salah satu dari rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan di KKG mitra Program BEMUTU Taun 2010 adalah Program Study Visit. Pelaksanaan kegiatan Study Visit bertujuan agar terjadi distribusi informasi dan pengalaman dari pihak yang sudah lebih mampu mengelola kelompok kerja, memiliki kinerja lebih baik, dan mengimplementasikannya di sekolah. Hal ini bisa terwujud apabila langkah-langkah kegiatan Study Visit yang meliputi : perencanaan, pelaksanaan, dan rencana tindak lanjut dari hasil study visit dilaksanakan dengan baik sesuai dengan panduan dan ketentuan yang ada. Selain itu semua pihak yang terkait memberikan dukungan yang diperlukan secara memadai.
Pada pertemuan kedelapan kegiatan reguler KKG Program BERMUTU setiap kelompok kerja guru (KKG) telah melaksanakan kegiatan kunjungan/Study Visit dengan sasaran di dua lokasi, yaitu kunjungan ke KKG dan kunjungan ke Sekolah berkinerja lebih baik. Penentuan lokasi kunjungan tersebut tergantung hasil musyawarah masing-masing kelompok kerja dengan anggotanya. Kegiatan Study Visit dapat terlaksana apabila telah ada kesepakatan antara dua belah pihak, yakni kelompok kerja yang akan berkunjung dengan kelompok kerja/sekolah yang akan dikunjungi.

Dalam kegiatan Study Visit tersebut, banyak manfaat  yang diperoleh antara kedua belah pihak, baik KKG yang melakukan kunjungan belajar maupun KKG dan SD yang dikunjungi. Manfaat bagi KKG yang melakukan kunjungan belajar antara lain :
1.  Memiliki kesempatan untuk menggali informasi secara langsung terkait dengan keterlaksanaan Program BERMUTU di KKG untuk mempelajari aspek-aspek yang dianggap lebih baik dan lebih berhasil serta ke sekolah yang memiliki kinerja lebih baik dalam mengelola kegiatan pembelajaran.
2.  Dapat melakukan review keterlaksanaan program KKG dan melakukan review ke Sekolah dalam mengimplementasikan hasil kegiatan KKG dalam proses pembelajaran dengan menggunakan instrumen yang telah dipersiapkan.
3.  Dari berbagai informasi yang diperoleh tersebut dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan perbaikan kegiatan di KKG yang bersangkutan. Sehingga kelompok kerja tersebut dapat mengembangkan rencana bagaimana membuat perbaikan atau mengadaptasi praktik terbaik tertentu terus berusaha untuk meningkatkan praktik-praktik mereka.
4.  Dapat menambah wawasan kepada guru peserta di KKG mengenai pengalaman praktis terbaik orang lain yang melakukan kegiatan yang sama yaitu  kegiatan KKG dan implementasi hasil kegiatan tersebut di sekolah. Sehingga dapat mengembangkan kinerjanya masing-masing sesuai tugas dan fungsinya di sekolah.
5.  Banyak pengalaman baru serta hal-hal positif yang diperoleh pengurus KKG maupun guru peserta KKG yang dapat digunakan sebagai tolok ukur, bahan refleksi dan evaluasi keterlaksanaan kegiatan di tingkat kelompok kerja/gugus, perencanaan dan kualitas proses pembelajaran yang selama ini dilakukan,  dan managemen sekolah pada umumnya.
6.  Dimungkinkan untuk melakukan perbaikan program serta pelaksanaan kegiatan di KKG, melakukan perbaikan pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, sebagai implementasi hasil study visit.
Sedangkan manfaat kegiatan Study Visit bagi KKG dan Sekolah yang dikunjungi antara lain :
1.  Meningkatnya motivasi, aktifitas, dan kinerja para guru yang tergabung dalam kelompok kerja. Dalam rangka menyambut KKG yang akan berkunjung tentunya dilakukan berbagai persiapan dengan matang. Sebab tidak semua KKG memiliki kesiapan untuk dikunjungi oleh kelompok kerja yang lain.
2.  Meningkatnya kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam rangka menerima KKG yang akan melakukan observasi proses pembelajaran, para guru akan mempersiapkan diri dengan perencanaan pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran dengan maksimal.
3.  Meningkatnya pengelolaan pendidikan di sekolah. Dalam rangka menyambut kelompok kerja yang akan berkunjung tentunya pihak sekolah melakukan persiapan-persiapan di segala bidang, baik dalam administrasi sekolah,  pengelolaan SDM, sarana prasarana, dll.
Dengan adanya pelaksanaan kegiatan Study Visit Program BERMUTU tersebut akan terbangun komunikasi yang baik dan efektif antara kelompok kerja yang satu dengan yang lainnya. Setiap guru saling membuka diri untuk memberi dan menerima (take and give) masukan serta memotivasi pengurus KKG dan peserta program BERMUTU agar mau menerima dan mengakui kelebihan yang dimiliki oleh orang lain, sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya sendiri. Melalui kegiatan tersebut memungkinkan adanya sharing pengetahuan wawasan, dan informasi yang pada akhirnya dapat   menemukan alternatif solusi yang tepat dalam mengatasi segala permasalahan atau berbagai kendala yang dihadapi pada pelaksanaan program BERMUTU.
Berdasarkan hasil refleksi dari kegiatan Study Visit yang telah dilakukan dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja para pengurus KKG dan para peserta program BERMUTU sehingga dapat melaksanakan program BERMUTU secara efektif dan efisien.  Melalui kegiatan KKG Program BERMUTU, berbagai pendekatan harus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengubah perilaku guru di dalam kelas. Setiap guru hendaknya dapat memberikan kontribusi untuk menumbuhkembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa dan kelas, sehingga  berdampak pada  peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.
Pada hakekatnya serangkaian kegiatan-kegiatan yang dikemas melalui Program BERMUTU tersebut akan mendukung para guru dalam mengembangkan karir dan promosi guru yang bersangkutan, serta membantu mereka dalam peningkatan kualifikasi (ke jenjang S-1) dan memenuhi persyaratan sertifikasi. Guru harus memiliki motivasi secara terus-menerus untuk meningkatkan keterampilannya dengan menggunakan berbagai pendekatan yang lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya. Untuk itu diharapkan seluruh guru dapat berperan aktif dalam mendukung kegiatan Kelompok Kerja Guru di wilayah masing-masing, sehingga di masa mendatang terwujud Kelompok Kerja Guru yang dapat menjalankan fungsinya secara optimal sebagai wadah pengembangan profesionalisme guru yang berkualitas, mandiri, dan berkelanjutan. Semoga....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]