Perangkat Akreditasi Sekolah Dasar/Madrasah

Perangkat Akreditasi SD/MI



Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana, dan terukur sesuai amanat Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi, Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah telah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar nasional pendidikan. Sebagai institusi yang bersifat mandiri di bawah dan bertanggung jawab kepada Mendiknas, BAN-S/M bertugas merumuskan kebijakan operasional, melakukan sosialisasi kebijakan, dan melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah. Dalam melaksanakan akreditasi sekolah/ madrasah, BAN-S/M dibantu oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah (BAP-S/M) yang dibentuk oleh Gubernur, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, khususnya Pasal 87 ayat (2).

Dengan keluarnya Kebijakan dan Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah ini, BAP-S/M dan pihak terkait diharapkan dapat melaksanakan akreditasi sekolah/madrasah secara obyektif, adil, profesional, komprehensif, dan transparan sebagai bentuk akuntabilitas publik. Kebijakan dan Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah ini dapat diperbanyak atau diunduh melalui website dengan alamat http://www.ban-sm.or.id
Berikut ini adalah perangkat-perangkat yang dapat diunduh sebagai acuan atau pedoman dalam melaksanakan akreditasi, khususnya di tingkat SD/MI. Perangkat tersebut sudah diconvert ke dalam bentuk file doc (Microsoft Word), sehingga dapat diedit karena file asli yang terdapat dalam BAP-S/M masih berbentuk pdf. Silakan klik saja link yang berwarna merah berikut ini.
Sebagai pelengkap, anda juga dapat mengunduh aplikasi penskoran hasil akreditasi. Aplikasi ini sangat berguna untuk menghitung hasil akhir akreditasi, sesuai dengan instrumen data yang sudah diisi, sehingga sekolah dapat memperkirakan hasilnya sebelum asesor mengadakan visitasi dan penilaian ke sekolah. Silakan dapat anda klik file aplikasi di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]