Abstrak PTK


ABSTRAK

            Sri Wasito. Penggunaan Media Belajar Audio Visual LCD Untuk meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Bumi dan Alam Semesta Pada Siswa Kelas V SDN II Joho Purwantoro Tahun 2010. Penelitian Tidakan Kelas. 2010.
            Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk meningkatkan proses belajar IPA materi bumi dan alam semesta dengan penggunaan media belajar audio visual LCD pada siswa kelas V SDN II Joho Purwantoro Tahun 2010, 2) untuk meningkatkan  hasil belajar IPA materi bumi dan alam semesta dengan penggunaan media belajar audio visual LCD pada siswa kelas V SDN II Joho Purwantoro Tahun 2010.
            Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri II Joho. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model  interaktif yag terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
            Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Proses belajar IPA kelas V SD Negeri II Joho pada materi bumi dan alam semesta meningkat dengan penggunaan media audio visual LCD. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas guru dalam membelajarkan siswa dari 10 aspek yang diamati menunjukkan peningkatan pada siklus I pertemuan I dari 80 % kriteria cukup pada pertemuan 2 dicapai 60 % kriteria cukup dan 40 % kriteria baik. Pada siklus II pertemuan I 100% aktivitas guru dalam membelajarkan siswa baik dan pada pertemuan 2 meningkat dengan 50 % guru sangat baik dalam membelajarkan siswa; 2) Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri II Joho pada materi bumi dan alam semesta meningkat dengan penggunaan media audio visual LCD baik dilihat dari aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 54,75, siklus I 73,75 dan pada siklus II naik menjadi 78. Untuk siswa tuntas belajar ( nilai ketuntasan 65) ada tes awal 25 %, tes siklus I 95 % setelah dilakukan refleksi terdapat 1 siswa yang tidak tuntas , dan pada siklus II 100 % siswa sudah tuntas. Hasil afektif menunjukkan perolehan rata-rata 55,25 pada prsiklus, siklus I 66.75, dan pada siklus II naik menjadi 75. Sedangkan psikomotorik siswa prasiklus rata-rata 37,0 pada pra siklus , siklus I 57.56, dan pada siklus II naik menjadi 75,67.
Kata Kunci :  Media Belajar Audio Visual LCD, Hasil Belajar IPA, Bumi dan Alam Semesta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]