Abstrak PTK Guru SDN 3 Gedawung

ABSTRAK

Satimin Sugiarto,2011. Upaya Peningkatan Pemahaman Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang Melalui Media Lingkungan Pada Siswa Klas II Mata Pelajaran Matematika Semester Dua  Sekolah Dasar Negeri 03 Kedawung Kismantoro Wonogiri.
Kata kunci : pemahaman perkalian, penjumlahan berulang, lingkungan.

Latar belakang dari penelitian tindakan kelas ini adalah banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep Standar Kompetensi Melalukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. Padahal, pemahaman tentang perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika sangat penting mengingat berbagai indikator ketertinggalan Indonesia dibandingkan dengan Negara-negara lain di dunia, bahkan di kawasan Asia Tenggara sekalipun. Dalam penelitian ini, masalah yang diupayakan untuk diatasi adalah bagaimana hasil belajar SK Melakuan perkalian dan pembagian sampai dua angka ini bisa ditingkatkan. Berdasarkan kajian teori yang dikaji peneliti, hasil belajar SK melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka ini dapat ditingkatkan melalui implementasi pembelajaran menggunakan media lingkungan.
 PTK ini dilaksanakan pada bulan Januari,Februari dan Maret 2011. Subjeknya adalah siswa kelas II SD Negeri 03 Kedawung Kismantoro. Objek penelitian adalah Standar Kompetensi yang diupayakan pemahaman hasil belajarnya, yaitu SK Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
Dalam PTK ini digunakan teknik pengumpulan data tes dan non tes. Dari teknik non tes digunakan instrumen pengumpulan data lembar observasi. Sedangkan dari teknik tes digunakan instrumen penilaian soal-soal tes. Dalam analisis data kuantitatif digunakan statistik deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai kondisi awal, nilai setelah siklus pertama dan nilai setelah siklus kedua.  Dalam analisis kualitatif yaitu data hasil pengamatan maupun wawancara menggunakan analisis diskriptif kualitatif yaitu deskripsi berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
Dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, pembelajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang. Dari nilai rata-rata Ulangan Harian (UH) pertama sebagai kondisi awal sebesar 5,8 dapat ditingkatkan menjadi 6,8 pada UH kedua sebagai hasil tindakan pada siklus pertama. Hasil belajar ini meningkat menjadi 8,5 berdasarkan hasil UH ketiga sebagai hasil tindakan pada siklus kedua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]