Seputar VerVal NUPTK melalui situs PADAMU NEGERI


VERIFIKASI DAN VALIDASI ULANG NUPTK
Disadari atau tidak, para guru digiring untuk mengenal, belajar, berlatih dan memiliki kemampuan di bidang TIK serta mengakses internet. Hal tersebut dapat dicermati melalui pengolahan DAPODIK, BioSystem Online, Entry Nilai Siswa, Pendataan terkait peserta UKG dan pelaksanaan UKG secara Online. Berbagai kegiatan tersebut tak lepas dari peran media komputer dan internet. Dan di akhir bulan Mei 2013 ini telah dilakukan sosialisasi tentang VerVal (Verifikasi dan Validasi) NUPTK melalui situs http://padamu.kemdikbud.go.id/  yang merupakan Layanan Sistem Informasi Terpadu Online yang dibangun oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan - Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP).
PADAMU NEGERI dibangun sebagai pusat layanan data terpadu yang bersumber dari/ke sistem transaksional BPSMPK-PMP  Kemdikbud lainnya, meliputi: Evaluasi Diri Sekolah (EDS), NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan), Sertifikasi PTK, dan Diklat PTK.
PADAMU NEGERI juga terbuka untuk menjadi salah satu layanan pusat sumber data bagi program-program terkait lainnya baik di lingkungan internal atau eksternal Kemdikbud.

Melalui PADAMU NEGERI ini, BPSDMPK-PMP berupaya mendorong terwujudnya program -  program pembangunan untuk peningkatan Mutu Pendidikan Nasional baik di tingkat pusat dan daerah dengan terpadu yang berbasis pada data-data yang faktual, transparan, obyektif, akurat, akuntabel dan berkesinambungan. 

NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan kode identitas unik yang diberikan kepada seluruh Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan (Staf) di seluruh satuan pendidikan (Sekolah) di Indonesia. NUPTK dibangun oleh Direktorat Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Depdiknas tahun 2006.
Seiring dengan program Reformasi Birokrasi, NUPTK sejak tahun 2011 dikelola oleh Sekretariat Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dalam perkembangannya, NUPTK menjadi syarat utama yang harus dimiliki oleh seluruh PTK se-Indonesia untuk dapat mengikuti program-program Kementerian lainnya, antara lain: Sertifikasi PTK, Uji Kompetensi PTK, Diklat PTK, dan Aneka Tunjangan PTK.
Melalui situs PADAMU NEGERI tersebut juga menjadi pintu layanan pendaftaran NUPTK baru bagi para pendidik dan tenaga kependidikan lainnya. 
Pada tahap implementasi nantinya, setiap PTK diberi akun login untuk dapat memutakhirkan data personal masing-masing setiap saat setiap waktu darimana saja secara online 24 jam.
Setiap PTK akan diberi fasilitas media jejaring sosial untuk saling berbagi, berkomunikasi dan berkolaborasi antar PTK se-Indonesia. Setiap PTK akan memiliki Kartu Digital NUPTK yang uptodate di http://padamu.kemdikbud.go.id/kode_nuptk  (dalam proses pengembangan)
Setiap PTK akan diberi fasilitas ruang penyimpanan (storage) online untuk menyimpan beragam arsip dokumen secara digital seperti: Ijazah, Sertifikat, Piagam-Piagam, Surat Tugas, dan lain sebagainya (dalam proses pengembangan)
Dengan berbagai menu layanan yang telah dan sedang dikembangkan oleh Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK-PMP) tersebut,  para guru dapat memanfaatkan secara baik dan maksimal apabila telah memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan mengakses internet. Marilah kita sikapi berbagai perubahan secara bijak, selalu dan terus belajar dan belajar. 
Sebagai gambaran, berikut beberapa contoh Formulir yang harus diunduh dan diisi oleh maing-masing PTK :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


close
cbox




[ code ]