Abstrak PTK Kelas II...

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Alat Peraga Biji-bijian bagi Siswa Kelas II Semester 2 SDN I Bangsri TA. 2010/2011

ABSTRAK
 Sri Mulyani. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika melalui Penggunaan Alat Peraga Biji-bijian bagi Siswa Kelas II Semester 2 SD N I Bangsri Tahun Pelajaran 2010/2011.
              Penelitian ini berawal dari rendahnya minat siswa dalam mengikuti pelajaran Matematika.  Berdasarkan hasil evaluasi dengan materi pelajaran perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka, diperoleh data bahwa masih ada siswa yang belum tuntas sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 60. Dari 26 siswa yang ada hanya 5 siswa atau 19% lainnya masih dibawah KKM. Berdasarkan hal tersebut mendorong peneliti untuk melakukan perbaikan pembelajaran melalui  Penelitian Tindakan Kelas.
              Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi SK : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka bagi siswa kelas II SDN I Bangsri Kecamatan Purwantoro Kabupaten Wonogiri.
              Bentuk penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui 2 (dua) siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu : tahap perencanaan  tindakan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik observasi, dokumentasi, tes dan refleksi.
              Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar pada siswa kelas II SDN I Bangsri pada mata pelajaran Matematika. Hal ini terlihat dengan adanya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran cukup tinggi serta peningkatan hasil belajar siswa baik pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus I motivasi belajar 47% siswa kategori tinggi. Pada siklus II motivasi belajar meningkat menjadi 80% siswa kategori tinggi. Sedangkan prestasi belajar terbukti dari data yang ada bahwa kondisi awal hanya mencapai rata-rata 60,0 dan tingkat ketuntasan 38,0% pada siklus I dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,0 dengan tingkat ketuntasan 85%.
              Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga biji-bijian dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika pada SK : 3. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka. Hasil penelitian ini diharapkan agar para guru dalam melaksanakan pembelajaran berusaha menciptakan kondisi yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dengan cara memilih metode, media dan alat peraga pembelajaran yang tepat.

Kata Kunci : Motivasi, Hasil Belajar Matematika, Alat Peraga Biji-bijian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


close
cbox




[ code ]